Kisi-Kisi Penilaian Sumatif Sekolah (PSS) Ujian Praktek Kelas 6 SD Tahun Ajaran 2023/2024

Selamat datang kepada pengunjung setia kami di halaman ini, yang penuh dengan informasi dan membantu Anda mempersiapkan diri untuk Penilaian Sumatif Sekolah 2023/2024. Kami sangat senang mengetahui Anda di sini, dan kami memahami betapa pentingnya momen ini bagi karir akademis Anda. Kisi-kisi ujian yang lengkap dapat ditemukan di halaman ini. Kisi-kisi ini dirancang dengan cermat untuk memberikan pemahaman yang lengkap tentang topik yang akan diujikan. Karena kami percaya bahwa persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan, kami berkomitmen untuk menyediakan informasi yang akan membantu Anda merasa yakin saat menghadapi ujian. Ambil waktu sejenak untuk melihat konten yang telah kami susun dengan teliti. Semoga ini menjadi alat yang bermanfaat untuk membantu Anda dalam perjalanan pendidikan Anda. 

Semangat belajar, dan jangan ragu untuk menyelami setiap rincian kisi-kisi kami untuk memastikan Anda siap sepenuhnya menghadapi Penilaian Sumatif Sekolah. Sukses untuk Anda semua!

Kisi-Kisi Asesmen Sumatif Semester Tengah (ASTS)
Genap 2023/2024

No Kompetensi  Dasar Bahan Kelas Materi Level Kognitif Indikator Soal Bentuk Soal Nomor Soal
1 4.4. Membuat karya seni rupa daerah 5 Menggambar Ilustrasi Level 3 Peserta didik dapat menggambar ilustrasi (seni rupa daerah) dengan komposisi warna dan bentuk yang proporsional Tes perbuatan/praktik
2 4.4  Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik 4 Kolase Level 3 Peserta didik dapat membuat kolase pada pola tertentu dari bahan alam pada benda tiga dimensi  dengan baik Tes perbuatan /praktik
NO. ASPEK YANG DIUJI MATERI INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI DAN BOBOT PENILAIAN
1 Listening Rekaman teks singkat dengan judul “Going To The Market” (Audio ditentukan sesuai dengan kebutuhan Guru & Siswa di sekolah masing-masing) Peserta didik dapat memahami isi teks  melalui Pemahaman  (Comprehension)
rekaman suara yang diperdengarkan dengan Skor jawaban BENAR  =   1
menemukan jawaban yang tepat pada lembar jawaban Skor jawaban SALAH   =   0
5 soal pilihan ganda. Skor Maksimal                 = 5
NILAI  = Jumlah  Skor  Perolehan X 100
5
2 Speaking Introducing self Peserta didik dapat memperkenalkan diri dengan Pronunciation,  Fluency,  and Performance Skill
mengemukakan personal data tentang nama, umur, Very good  =  91 – 100
tanggal lahir, alamat tempat tinggal, dan hobinya             Good            =  81 – 90
            Okay             =  72 – 80
            Poor              =  ≤ 71
Skor Maksimal                 = 300
NILAI  = Jumlah  Skor  Perolehan X 100
300
3 Reading Teks singkat dengan judul My Past Activity Peserta didik dapat membaca dengan suara nyaring Fluency, Pronunciation, and Intonatian
dan lancar, dan dengan pengucapan serta intonasi Very good  =  91 – 100
yang benar.             Good            =  81 – 90
            Okay             =  72 – 80
            Poor              =  ≤ 71
Skor Maksimal                 = 300
NILAI  = Jumlah  Skor  Perolehan X 100
300
4 Writing Teks singkat dengan judul Holiday Peserta didik dapat menuliskan rencana  liburannya dengan menggunakan Future Tense GRAMMAR
Very good  =  91 – 100
            Good            =  81 – 90
            Okay             =  72 – 80
            Poor              =  ≤ 71
Skor Maksimal                 = 100
NILAI  = Jumlah  Skor  Perolehan X 100
100
Kompetensi Dasar Materi Aspek yang Diuji Indikator Acuan Materi Point
4.4 Mempraktikkan pola kata kerja sekarang (فِعْلُ الْمُضَارِع) berdasarkan kata ganti orang (ضمِيْر) 4.5 Mempraktikkan teks percakapan فِيْ الْمَلْعَبِ فِيْ الْمَلْعَبِ Mendengar الإسْتِمَاع Peserta didik dapat memahami isi teks  melalui rekaman suara yang diperdengarkan dengan menemukan jawaban yang tepat pada lembar jawaban 5 soal pilihan ganda. Buku Paket hlm. 11-12 30
Berbicara الكَلَام Peserta didik dapat mempraktikkan percakapan singkat tentang فِيْ الْمَلْعَبِ Buku Paket hlm. 7 20
Membaca القِرَاءَة Peserta didik dapat membaca dengan suara nyaring dan lancar, dan dengan pengucapan serta intonasi yang benar. Buku Paket hlm. 11 30
Menulis الكِتَابَة Peserta didik dapat menuliskan kalimat sederhana dengan menggunakan فِعْلُ الْمُضَارِع Buku Paket hlm.9 20
KOMPETENSI DASAR KELAS MATERI INDIKATOR SOAL
1. ASPEK AL-QUR’AN
4.2.1        Melafalkan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al- Ikhlas dengan benar dan jelas 4.2.2        Menunjukkan hafalan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas I Q.S. al-Fatihah Peserta didik dapat membaca, menulis dan menghafalkan satu surah pilihan atau ayat pilihan dari Q.S. al-Fatihah , Q.S al- Falaq, Q.S. al-Fīl, Q.S.at-Tin, Q.S al-Ma’un, Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah:/5: 2-3 atau Q.S al- Hujurat/49:12-13
4.1.1. membaca Q.S. al- Falaq dan Q.S al-Fīl dengan tartil IV Q.S. al-Falaq dan Q.S al-Fīl
4.1.2. menulis kalimat- kalimat dalam Q.S.at- Tin dan Q.S al-Ma’un dengan benar V Q.S.at-Tin dan Q.S al-Ma’un
4.1.3. Menunjukkan hafalan Q.S. al-Kafirun, Q.S. al- Maidah:/5: 2-3 dan Q.S al-Hujurat/49:12-13 dengan lancar VI Q.S. al-Kafirun, Q.S. al- Maidah:/5: 2-3 dan Q.S al- Hujurat/49:12-13
2. ASPEK FIQIH
4.9      Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar III Praktik wudhu Peserta didik dapat mempraktikkan wudhu dengan baik dan benar
4.10 Mempraktikkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar III Praktik adzan dan iqamah Peserta didik dapat mempraktikkan Adzan dan atau Iqamah dengan benar
III Praktik shalat Peserta didik dapat mempraktikkan shalat wajib dengan tertib, tuma’ninah, dan benar
4.11 Menunjukkan hafalan dzikir setelah shalat II Dzikir setelah shalat Peserta didik dapat menghafalkan dzikir setelah shalat
Kompetensi Dasar Kompetensi yang diujikan Ruang lingkup materi Materi Indikator soal Aspek yang dinilai
Berbicara          
1.4.   Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. ·        Menyampaikan pantun dengan tema tertentu menggunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. Pantun 1.     Pendidikan 2.     Perpisahan 3.     Hiburan 4.     Lingkungan dsb. 4.4.1   Peserta didik mampu menyampaikan pantun  dengan tema tertentu menggunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. 1.   Lafal 2.   Intonasi 3.   Ekspresi 4.   Isi pantun
Menulis          
4.5. Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll) sesuai petunjuk pengisiannya.   ·        Mengisi teks formulir sesuai petunjuk pengisiannya menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif serta ejaan yang benar. Formulir 1.     Formulir pendaftaran 2.     Formulir pengiriman uang melalui bank/kantor pos 3.     Daftar riwayat hidup dsb. 4.5.1   Peserta didik mampu mengisi teks formulir sesuai petunjuk pengisiannya menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif serta ejaan yang benar. 1.  Kesesuaian penulisan dengan petunjuk pengisian. 2.  Penggunaan kosakata yang baku. 3.  Penggunaan kalimat efektif. 4.  Penggunaan ejaan yang benar. 5.  Kerapian dan kejelasan tulisan.  
NO KOMPETENSI DASAR INDIKATOR GERAKAN NO SOAL Score maksimal Jumlah score maksimal
1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar/bola kecil sederhana dan atau tradisional Siswa dapat melakukan gerakan menggiring  bola dengan kaki bagian dalam 1 100 100
Siswa dapat melakukan gerakan menendang bola dengan kaki bagian luar (punggung kaki)
2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional Siswa dapat melakukan gerakan lari 30 m dengan start jongkok 2 100 100
NO. KOMPETENSI DASAR MATERI KELAS INDIKATOR SOAL
1 4.5. Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem Rantai makanan 5 Disajikan alat dan bahan peserta didik dapat : 1.     Menyusun rantai makanan pada ekosistem sawah. 2.     Memprediksi hal yang akan terjadi apabila ada satu tahapan yang berkurang/bertambah dalam jaring-jaring makanan
2 4.5. Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari   Magnet dan sifat-sifatnya 6 Disajikan alat dan bahan untuk percobaan sifat-sifat magnet, peserta didik dapat : 1.       Memilih alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan sifat-sifat magnet 2.       Melakukan percobaan sifat-sifat magnet 3.       Menjelaskan sifat-sifat magnet 4.       Membuat laporan tertulis tentang percobaan sifat-sifat magnet

Semoga kisi-kisi PSS ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi para siswa-siswi dalam menghadapi Penilaian Sumatif Sekolah 2023/2024. Kami yakin, dengan persiapan yang baik, semangat belajar, dan dukungan serta do’a dari guru serta orang tua, anak-anak akan mampu meraih prestasi yang gemilang. Tetap semangat, terus belajar, dan berikan yang terbaik! Kami do’akan sukses selalu untuk semua siswa-siswi kelas 6 SD Islam Plus Imam Nawawi dalam Penilaian Sumatif Sekolah 2023/2024.